Pembelajaran adalah upaya membelajarkan
atau penyediaan kondisi eksternal yang memungkinkan terjadinya proses belajar
yang efektif dalam diri seseorang melalui interaksi antara guru dengan siswa,
siswa dengan siswa dan siswa dengan pesan.
Tujuan pembelajaran adalah agar terjadi
perubahan perilaku pada diri siswa sesuai dengan tujuan atau kompetensi
pembelajaran yang diharapkan dari setiap mata pelajaran.
Strategi pembelajaran adalah upaya
kreatif dan sistematis yang dirancang untuk mencapai tujuan atau kompetensi
pembelajaran tertentu secara efektif dan efesien. Dirancang oleh guru.
Upaya kreatif adalah optimalisasi
komponen strategi pembelajaran yang meliputi metode, media, dan waktu yang
dibutuhkan untuk mencapai tujuan atau kompetensi pembelajaran tertentu dengan
cara menyenangkan.
Sistematis adalah bahwa pembelajaran
harus dilakukan sesuai dengan urutan kegiatan yang dimulai dari pendahuluan,
penyajian, dan penutup. Setiap fase merupakan urutan yang baku dan mempunyai
tujuan-tujuan tertentu.
Pendahuluan adalah fase menarik
perhatian dan memusatkan perhatian siswa pada materi yang akan disampaikan. Fase
ini meliputi kegiatan menjelaskan, deskripsi singkat, relevansi, dan tujuan
yang akan dicapai.
Penyajian adalah inti dari pembelajaran
yang di dalamnya terdiri dari uraian, contoh dan latihan. Fase ini merupakan
optimalisasi metode dan media dalam pembelajaran.
Penutup adalah fase yang menentukan,
apakah pembelajarn berjalan dengan baik,
melalui pengukuran tingkat ketercapaian siswa. Fase ini meliputi
kegiatan merangkum, melakukan tes formatif, dan umpan balik serta tindak
lanjut.
Apakah
metode = strategi
Metode yang mengintegrasikan komponen
strategi pembelajaran di dalamnya sama dengan strategi pembelajaran. Misalnya:
metode simulasi, demonstrasi, pratikum, dll.
Apakah
media = strategi
Media yang mengintegrasikan komponen strategi
pembelajaran di dalamnya sama dengan strategi pembelajaran. Misalnya: video
pembelajaran, CD interaktif, program audio, CAI, dll.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar